Prioritas Sasaran Program
A. Program Pengembangan Akademik
1. Pengembangan Bidang Kurikulum dengan meningkatkan mutu pendidikan dengan terus mengembangkan program pengajaran sesuai dengan perkembangan/perubahan kurikulum yang berlaku di Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Kesehatan yaitu Kurnas Akper 1999 dan Kurnas Akper 2002 dan evaluasi kurikulum yang berlaku
2. Pengembangan Bidang Pengabdian Masyarakat
a. Peningkatan program pengabdian masyarakat baik dalam jumlah, ragam ataupun kualitas proyek/program dengan memperbesar daya guna dan tepat guna. Kegiatan berupa pelatihan kader masyarakat bekerjasama dengan Puskesmas setempat, penyuluhan kesehatan pada masyarakat dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat
b. Melibatkan semua unsur civitas akademika dalam program pengabdian masyarakat sesuai dengan kompetensi dan kemampuan masing-masing
c. Meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam rangka peningkatan kemandirian masyarakat dalam bidang kesehatan
d. Mengembangkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara langsung melalui kegiatan Home Care atau Poliklinik
3. Pengembangan Bidang Penelitian dengan :
a. Penyusunan Proposal dan pelaksanaan penelitian serta mempublikasikan hasil penelitian
b. Melibatkan semua tenaga dosen tetap dalam upaya mengembangkan kegiatan penelitian kesehatan
c. Menjalin kerja sama antar lembaga penelitian dan institusi terkait
d. Hasil penelitian terus meningkat dari tahun ke tahun
e. Adanya publikasi hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa baik secara lokal maupun nasional/internasional
f. Penerbitan jurnal ilmiah yang bersifat lokal
B. Program Pengembangan Ketenagaan (SDM)
1. Pengembangan Dosen Tetap
a. Mengupayakan penambahan dosen tetap yang berlatar pendidikan Sarjana Keperawatan dan Magister keperawatan/Kesehatan
b. Tugas Belajar S2 bagi dosen tetap untuk persiapan pengembangan institusi dari Akper ke Stikes
c. Tugas Belajar ke Progam Akta Mengajar AA atau Pekerti
d. Penyegaran dan peningkatan kemampuan dosen dengan mengikutsertakan dalam pelatihan, workshop, seminar yang berkaitan dengan pendidikan dan keperawatan
e. Menyelenggarakan lokakarya/simposium/seminar tentang pengelolaan kurikulum, asuhan keperawatan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan keperawatan
2. Pengembangan Tenaga-Tenaga : Administrasi, Laboratorium dan Perpustakaan
a. Mengikuti pelatihan-pelatihan, kursus-kursus, dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan cakrawala berpikir karyawan sehingga dapat memantapkan kemampuannya dalam menjalankan tugasnya
b. Mengikuti pendidikan formal baik jangka panjang maupun jangka pendek yang dapat menunjang bidang tugas pekerjaannya.
3. Dalam rangka meningkatkan ketertiban dan memantapkan kinerja kerja agar Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat berjalan dengan baik maka perlu diatur kode etik untuk dosen, karyawan dan mahasiswa
4. Karyawan baik staf dosen maupun tenaga administratif perlu diikat dengan aturan tata tertib sehingga dapat tercipta suasana kerja yang kondusif
C. Program Pengembangan Sarana dan Prasarana Penunjang Proses Pembelajaran dengan penambahan dan perawatan fasilitas yang telah ada sebagai penunjang proses pembelajaran :
a. Ruang Kuliah dan Sarananya
b. Ruang Praktik Laboratorium dan Sarananya
c. Penambahan Koleksi Perpustakaan
d. Penambahan Media Pembelajaran
e. Penambahan Sarana Penunjang Belajar